Beranda

Data Statistik

Potensi

Pelayanan

Gambaran Umum

Kondisi Umum Gampong

 

Batas-batas wilayah Bada Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Ingin Jaya adalah sebagai berikut

  • Sebelah Utara: Jalan Lintas Blang Bintang
  • Sebelah Selatan: Gampong Pasie Lamgarot
  • Sebelah Timur: Gampong Gani
  • Sebelah Barat: Gampong Lampreh
Kondisi Sosial Ekonomi

Gampong Bada merupakan Desa yang masih kental dengan kebudayaan Aceh ditandai dengan sering dilaksanakannya momen penting terkait kebudayaan contohnya bakar serabi (teot apam). Hal ini tampak seperti pada upacara adat kematian, acara upacara adat perkawinan, upacara adat kelahiran, upacara adat dalam bercocok tanam, upacara adat bidang kehutanan, upacara adat dalam pengelolaan sumber daya alam serta upacara adat dalam pembangunan rumah

Pertumbuhan perekonomian menjadi indikator kesejahteraan masyarakat. Semakin berkembang ekonomi, semakin berkembang masyarakat. Keadaan ekonomi masyarakat di Gampong Bada masih berada pada tingkatan ekonomi menengah kebawah. Hal itu ditandai dengan adanya sebagian besar masyarakat yang masih berada dibawah garis kemiskinan. Masyarakat Gampong Bada mayoritas pada umumnya bekerja sebagai petani dan peternak walaupun ada beberapa minoritasnya sebagai karyawan dan pegawai dan Jika perekonomian ditingkatkan, maka masyarakat dapat sejahtera

Wilayah / Dusun

Terkait dengan administrasi pemerintahan, wilayah Gampong terbagi ke dalam wilayah Dusun. Adapun jumlah Dusun, sebagaimana tercantum dalam Tabel berikut ini :

NoJurong/Dusun
1.Meunasah Ampeh
2.Teuku Dilangga
3.Tumpok Teunggoh
Laju Pertumbuhan dan Kepadatan Penduduk

Jumlah kepala keluarga Bada terdiri dari 144 kepala keluarga, yang mana jumlah penduduk laki-laki berjumlah 276 jiwa dan jumlah penduduk perempuan berjumlah 215 jiwa dengan luas wilayah Gampong ini adalah sebesar ± 52 Ha. Sumber penghasilan utama sebagian besar penduduk Bada adalah dari sektor pertanian.

Visi dan Misi

Visi

"Membangun Gampong Bada Dengan Mengembangkan Sektor Pertanian,  Perdagangan dan Pengembangan Ekonomi Micro Serta Sarana Dan Prasarana Dasar dengan Harapan Bisa Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Menuju Gampong Yang Mandiri, Kuat Dan Sejahtera Pada Tahun 2024."

2Misi

Bidang Infrastruktur/ Sarana dan Prasarana;

  • Menyediakan Sarana dan Prasarana/Infrastruktur Untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat Gampong Bada
  • Meningkatkan hasil pertanian dengan membangun sarana dan prasarana pertanian yang dapat mendorong peningkatan hasil produksi pertanian yang unggul dan lebih baik

Bidang Ekonomi;

  • Meningkatkan Sumber Pendapatan Asli Gampong (PAG) dan Sumber Pendapatan Masyarakat Untuk Meningkatkan Perekonomian Dalam Rangka Menunjang Pembangunan Gampong Secara Berkelanjutan agar semakin berkurangnya tingkat pengangguran dan kemiskinan.
  • Meningkatkan pembangunan ekonomi dengan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya pembangunan dibidang pertanian, perdagangan, peternakan, industri rumahan dan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya;

  • Meningkatkan Tingkat Pendidikan Masyarakat dan Penguatan Lembaga/Kelompok di Gampong untuk Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Gampong.
  • Meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kecerdasan dan daya saing yang lebih bai
  • Meningkatan Pembangunan sosial dan kelembagaan dalam bidang sarana olah raga, kesenian dan keagamaan mulai terlupakan sehingga dapat bersaing dalam event-event baik local maupun tingkat nasional.
  • Meningkatkan pelatihan-pelatihan kegiatan kepemudaan baik perbengkelan maupun pertukangan sehingga pemuda-pemuda putus sekolah digampong Bada dapat mandiri dan kuat dalam peningkatan ekonomi.

Bidang Pelayanan Umum;

  • Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasarkan demokratisasi, transparansi dan akuntabilitas, penegakan hukum, berkeadilan, kesetaraan gender, distabilitas dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat sesuai tuntutan zaman.
  • Melaksanakan administrasi gampong Bada secara tertib dan terarah dengan kemampuan Perangkat Gampong yang ada serta meminta bantuan tenaga ahli dalam masyarakat yang ada digampong Bada demi pelayanan yang lebih baik tanpa ketergantungan pihak lain.

Bidang Kesehatan

  • Melakukan Penguatan terhadap intrument yang berhubungan langsung terhadap kesehatan, tenaga kesehatan, pokja posyandu maupun yang lainnya.
  • Menyediakan Fasilitas Kesehatan Yang Memadai dan Menciptakan Lingkungan Hidup Yang Bersih, Aman dan Nyaman, sehingga terciptanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam masyarakat.
  • Melakukan sosialisasi terhadap bahaya Narkoba serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna menekan angka peredaran dan penggunaan Narkoba di dalam masyarakat.

Perangkat Gampong